Contoh Surat Tanda Terima

Contoh Penerimaan dan Pengiriman – Di tempat kerja, kantor tidak dipisahkan oleh dokumen, barang, dan uang, yang selalu membutuhkan tanda terima. ( Sumber : Contohsoal.co.id

Kali ini, penerimaan sampel uang, barang, dan dokumen akan dijelaskan secara lebih rinci sehingga Anda dapat membuat tanda terima yang memenuhi kebutuhan bisnis atau kantor Anda.

Ada beberapa alasan mengapa pengakuan penerimaan diperlukan ketika transaksi dilakukan atau barang, uang atau dokumen dikirimkan ke administrasi. Dalam hal ini, tanda terima menunjukkan pernyataan sebagai bukti bahwa uang, barang, atau dokumen telah diserahkan.

Fungsi Surat Tanda Terima dan Serah Terima

 Contoh Surat Tanda Terima
Contoh Surat Tanda Terima

Ketika kami mengirimkan sesuatu, kwitansi yang menyatakan sifat, jumlah, tanggal kwitansi dan tanda tangan orang yang menerimanya adalah bukti yang sah. Tanda terima ini juga menunjukkan bahwa kami telah memenuhi kewajiban kami atau telah menyerahkan kewajiban kami kepada penerima.

Selain itu, tanda terima ini dapat digunakan sebagai bukti ketika terjadi peristiwa buruk. Dapat juga digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau adanya penipuan. Jika ada bukti, kita akan tahu hari kapan uang, barang atau dokumen tiba. Dari siapa yang dikirim dan oleh siapa diterima.

Oleh karena itu, tes ini harus ada untuk alasan keamanan dan untuk alasan pekerjaan rutin.

Bagian Surat Tanda Terima dan Serah Terima

Setiap perusahaan atau kantor selalu memiliki format penerimaan yang berbeda. Namun, unsur-unsur berikut harus dimasukkan dalam tanda terima yang akan dibuat nanti, yaitu:

Judul

Bisa jadi kwitansi tersebut sudah merupakan kwitansi barang, uang atau dokumen. Namun, akan lebih baik untuk membedakannya sehingga lebih mudah untuk mencari atau mengarsipkan. Apalagi jika kita ingin mencari kwitansi. Namun, tidak masalah jika Anda hanya menuliskan struk di atas. Ini tergantung pada perjanjian di perusahaan.

Tanggal penerimaan

Tanggal penerimaan tentu sangat penting. Bagian ini memberi tahu Anda kapan barang, dana, atau dokumen yang kami sajikan akan menjadi lebih jelas. Ini juga menunjukkan bahwa presentasi sudah terlambat atau tepat waktu.

Deskripsi objek

Tanda terima deklarasi ini harus menjelaskan jenis, jumlah, jenis barang yang dikirim atau yang akan dikirim. Ketika dalam bentuk uang, informasi diisi dengan jumlah uang dalam bentuk angka nominal dan genap dihitung.

Jika barang adalah barang yang akan dikirim, termasuk dokumen. Sehingga kedua belah pihak dapat memeriksa satu demi satu.

Tanda tangan penerima dan pengirim barang

Nah, pada titik ini sangat penting karena tanda tangan adalah bukti validitas tanda terima ini. Jika kedua belah pihak menyetujui transfer, tanda tangan sudah cukup.

Contoh Surat Tanda Terima Barang

DAFTAR UNTUK MENDAPATKAN BARANG

Pada tanggal hari ini …………………………… artikelnya berbunyi sebagai berikut:

Kertas merek XXX: …… Ries

  • Pencetak merek ABCDF: … buah-buahan
  • Pabrikan Monitor PC XYXYXY: …… buah
  • Merek eksternal HD WWW: …… buah

Jadi surat ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Penerima pengirim

(………………. ……………) (…………………………………)

Contoh Surat Tanda Terima Uang

bukti uang

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • nama:
  • alamat:
  • KTP:

Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda telah menerima uang dari PT. KEUANGAN ANDIKA Jumlah: Rp5.000.000, – (lima juta Rupiah).

Sebagai instrumen pembiayaan / pembiayaan konsumen berdasarkan:
Perjanjian Pembiayaan Konsumen n. 29 Juli 2019 (‘Perjanjian Pembiayaan’) dari tanggal penerimaan hingga tanggal pembayaran atau tanggal berakhirnya Perjanjian Pembiayaan dan / atau tanggal berakhirnya Rencana Pembayaran terakhir dan / atau setelah klaim diserahkan kepada Penandatangan pada tanggal; di mana jumlah di atas dan / atau bagian dari saldo setelah dikurangi jumlah angsuran (jika ada) harus dilunasi atau disimpan dalam rekening PT. PEMBIAYAAN ANDIKA.

Jakarta, 23 Juli 2019

Bli Putu

Contoh Surat Tanda Terima Uang Muka

DAFTAR UNTUK MENDAPATKAN PEMBAYARAN UANG MUKA

  • Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
  • nama:
  • alamat:
  • KTP:
  • Nomor TIN:

Dalam hal ini, bertindak sebagai penjual, berdasarkan surat penjualan dan perjanjian pembelian 23 Juli 2019 untuk rumah dan tanah.
Saya menyatakan bahwa saya telah menerima pembayaran di muka untuk pembelian dan penjualan rumah sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupee).

Jadi saya melakukan pernyataan ini dengan benar dan tanpa paksaan di suatu tempat.

Jakarta, 23 Juli 2019

Hormat saya, untuk mengetahui

Stamp 6000 6000 stamp

pembeli