Memasak Ikan

Ikan adalah makanan yang sangat kaya akan nutrisi. Namun, kualitas nutrisi pada ikan yang Anda makan dapat bervariasi tergantung pada cara Anda memasaknya. Cara memasak ikan yang salah dapat mengurangi kandungan nutrisi, sehingga tidak sehat seperti seharusnya.
Berbagai cara memasak ikan sehat

Meluncurkan Dana Penelitian Kanker Dunia, setiap jenis ikan memiliki karakteristik yang berbeda. Jika teknik memasak yang digunakan sudah tepat, kandungan gizi ikan juga bisa bertahan optimal.

Berikut adalah beberapa teknik memasak untuk ikan yang dapat Anda terapkan mulai hari ini:

  1. Dipanggang

Memasak ikan dengan memasak itu sehat karena tidak perlu menggunakan minyak tambahan. Cukup tambahkan bumbu perendam dengan bawang putih, merica, dan lemon. Kemudian panggang beberapa menit sampai ikan matang.

Teknik memanggang cocok untuk ikan berlemak seperti salmon, tuna, ikan air tawar dan ikan layur. Alasannya adalah jenis ikan ini memiliki aroma yang kuat dan konsistensi yang padat terisi sehingga daging tidak mudah pecah saat dipanggang.

  1. Dikukus

Memasak dengan uap adalah salah satu cara paling sehat untuk memasak ikan, karena banyak nutrisi tidak hilang selama pemrosesan. Ikan juga akan memasak secara merata karena panasnya menyebar ke seluruh bagian kapal yang tertutup rapat.

Selanjutnya, mengukus tidak mengeringkan daging ikan dengan cepat sehingga Anda masih bisa menikmati tekstur dagingnya, yang lembut dan berair.

Teknik memasak dengan uap juga cocok untuk ikan berlemak dan ikan putih berdaging seperti cod, lele dan kakap.

Memasak Ikan

  1. Lompat

Jika Anda ingin memasak ikan dengan cepat, tumis adalah pilihan yang tepat. Teknik tumis cocok untuk ikan putih berdaging dan beberapa makanan laut seperti udang, krustasea dan tiram.

Tumis membuat ikan lezat seolah-olah itu digoreng. Namun, teknik memasak ikan ini lebih sehat karena minyak yang digunakan jauh lebih sedikit. Juga, Anda tidak perlu khawatir tentang menjadi gemuk karena kalori sangat rendah.

  1. Perburuan liar

Perburuan liar adalah cara sehat untuk memasak ikan. Apalagi jika Anda menggunakan kaldu ikan dengan campuran bawang putih, bawang merah dan rempah-rempah.

Perburuan liar adalah teknik memasak dalam air atau kaldu panas yang belum direbus, sekitar 70-82 ºC.

Teknik ini digunakan untuk memasak daging lunak seperti cod, halibut, tuna ekor kuning dan nila. Masak ikan dalam kaldu sampai bagian tengahnya berwarna terang, lalu angkat dan sajikan.

  1. Penggunaan oven microwave

Menggunakan microwave adalah cara aman untuk memasak ikan secara praktis dan cepat. Bahkan panas yang dipancarkan dalam microwave relatif rendah, sehingga tidak banyak menghilangkan kandungan gizi ikan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan gelombang mikro dapat mencegah hilangnya asam lemak omega-3 dari ikan. Karena itu, memasak ikan dalam microwave bisa menjadi pilihan sehat untuk Anda.

Teknik memasak yang sehat harus mampu menjaga kandungan nutrisi ikan dan mencegah pembentukan senyawa berbahaya. Keuntungan-keuntungan ini adalah memanggang, mengukus, menumis, merebus dan menggunakan gelombang mikro.

Selain cara yang sehat, perhatikan juga ramuan yang Anda gunakan saat memasak ikan. Hindari penggunaan minyak, gula, dan garam secara berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Baca Juga :